Demi Madrasah Sehat, MAN Kota Kupang Adakan Vaksinasi Covid-19 untuk Peserta didik

Diposting oleh : Mikyal Fatonah, S.pd Pada : 27 Sep 2021, 11:42:53 WITA Sudah dibaca : 155 Kali Humas
Demi Madrasah Sehat, MAN Kota Kupang Adakan Vaksinasi Covid-19 untuk Peserta didik

Gambar : Proses Vaksinasi Covid-19 di MAN Kota Kupang.


MAN Kota Kupang (Humas) – MAN Kota Kupang bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Alak dan Puskesmas Kecamatan Naioni mengadakan program vaksinasi Covid-19 pada Kamis (23/09/2021). Dua puskesmas mengambil peran dalam kegiatan tersebut karena jumlah peserta didik MAN Kota Kupang yang menyatakan setuju untuk divaksin sebanyak 347 orang. Jumlah tersebut diperoleh melalui pendataan oleh panitia vaksinasi MAN Kota Kupang selama satu minggu sebelum vaksinasi berlangsung. Namun, pada saat kegiatan vaksinasi berlangsung akhirnya sejumlah 310 peserta didik tervaksinasi.

Ketua panitia vaksinasi MAN Kota Kupang, Marlin Syukur, menjelaskan bahwa panitia memastikan vaksinasi dilaksanakan dengan baik. Persiapan vaskinasi pun telah dilakukan satu minggu sebelum kegiatan berlangsung. Seluruh pendidik dan tenaga kependidikan MAN Kota Kupang diminta untuk ambil bagian dalam menyukseskan kegiatan ini. Selain vaksinasi, kerjasama dengan pihak puskemas berupa pembagian suplemen tambah darah bagi peserta didik putri juga dilakukan sehingga dua program kesehatan dapat dijalankan dalam satu waktu. 

Pada kegiatan vaksinasi, hadir pula Lurah Kecamatan Alak dan Kepala Puskesmas Alak, Panondang N. Panjaitan untuk memberi dukungan pada para peserta didik. 
“Vaksin yang kami berikan ini adalah vaksin jenis Sinovac. Vaksin ini berdasarkan Kementerian Kesehatan dan BPOM Indonesia yang dinyatakan halal, aman, dan efektif. Jadi jangan takut. Vaksin ini didistribusikan khusus untuk pelajar kita di Kota Kupang,” terang Panondang N. Panjaitan kepada para peserta didik sebelum kegiatan vaksinasi dimulai. 

Kepala MAN Kota Kupang, Buniamin menyampaikan bahwa program vaksinasi di madrasah dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah. Kegiatan ini dilakukan demi kesehatan bersama tanpa ada unsur paksaan. Langkah ini diambil dengan penuh pertimbangan dan mendapat dukungan orang tua wali melalui surat pernyataan setuju melaksanakan vaksinasi. 
“Vaksinasi ini bukan merupakan suatu ketentuan untuk proses pembelajaran tatap muka, tetapi karena kebutuhan. Melalui Vaksinasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan antibodi peserta didik MAN Kota Kupang dan menjadi acuan bagi orang tua yang lain agar bisa mengajak peserta didik yang belum divaksin untuk mengikuti vaksinasi,” ungkap Buniamin. Buniamin akan mempertimbangkan untuk mengadakan vaksinasi tahap kedua apabila dalam pendataan berikutnya persentase jumlah peserta didik yang bersedia divaksin hampir sama jumlahnya dengan vaksinasi tahap pertama.

Peserta didik yang tervaksinasi tidak menjadi syarat utama dalam pembelajaran tatap muka terbatas. Namun, vaksinasi adalah salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan untuk memutus atau mengurangi mata rantai penyebaran Covid-19. Salah seorang peserta didik yang mengikuti vaksinasi, Inayah Musdalifah Kinanggi, menyampaikan rasa senangnya terhadap program ini.

“Masa untuk kesehatan kita harus takut disuntik. Naya ingin sekali divaksin karena takut kalau tidak divaksin daya tahan tubuh tidak kuat,” ungkap Inayah. Sebelum mengikuti vaksinasi, Inayah melakukan beberapa persiapan seperti istirahat yang cukup, tidak begadang, dan tidak lupa sarapan. Setelah vaksin, Inayah hanya merasa lengannya pegal karena efek suntikan. Selebihnya ia merasa baik-baik saja tanpa merasakan efek apapun seperti hoax yang beredar tentang vaksin. *(Mikyal)

 

Catatan : 

Berita ini telah dimuat pada laman website Kanwil Provinsi NTT 

https://ntt.kemenag.go.id/berita/517043/demi-madrasah-sehat-man-kota-kupang-adakan-vaksinasi-covid19-untuk-peserta-didik




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 5 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment