MAN Kota Kupang Adakan Ujian Madrasah Online

Diposting oleh : Mikyal Fatonah, S.pd Pada : 01 Apr 2021, 06:53:02 WITA Sudah dibaca : 36 Kali kurikulum
MAN Kota Kupang Adakan Ujian Madrasah Online

Gambar : Proktor dan teknisi memantau ujian online yang sedang berlangsung


MAN Kota Kupang (Humas) - Berdasarkan Surat Keputusan Jenderal Pendidikan Islam Nomor 752 Tahun 2021 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021, MAN Kota Kupang adakan Ujian Madrasah online. Ujian berlangsung selama sepuluh hari, mulai tanggal 22 Maret sampai dengan 31 Maret 2021. Ujian Madrasah tahun ini diikuti 112 orang peserta yang mengikuti ujian dari rumah disebabkan pandemi Covid-19 belum juga berakhir. 

Ujian Madrasah di MAN Kota Kupang menggunakan aplikasi exambrowser. Adapun pola ujian diatur sedemikian rupa untuk menghindari gangguan teknis. ada dua pola ujian yang diterapkan, yaitu ujian tulis melalui exambrowser dan ujian praktik berbentuk penugasan. Antara ujian tulis dan praktik pelaksanaannya berselang satu hari. Ujian tulis dilaksanakan per jurusan dengan maksimal 4 mata pelajaran yang diujikan. Misalnya, untuk hari pertama ujian tulis diikuti peserta jurusan IPS, maka jurusan lain seperti IPA, Agama, dan Bahasa melaksanakan ujian praktik dengan sistem penugasan. Setiap sesi ujian berlangsung selama 90 menit. Secara umum ujian mulai berlangsung pukul 07.30 WITA sampai dengan 15.00 WITA. Sehubungan dengan Ujian Madrasah yang dilaksanakan secara online, maka MAN Kota Kupang telah siap dengan proktor maupun teknisi yang andal. Selama ujian berlangsung, enam orang proktor maupun teknisi bertugas memantau jalannya ujian sehingga apapun yang menjadi kendala peserta saat ujian berlangsung tetap mendapat solusi meskipun peserta berada di rumah masing-masing. 

Kepala MAN Kota Kupang, Buniamin S.Pd., M.Si., dalam rapat bersama dewan guru, ketua komite, dan wali murid kelas XII meminta semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan ujian madrasah tahun ini, terutama kepada peserta didik agar mengikuti ujian dengan serius agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Keluarga besar MAN Kota Kupang berharap semoga Ujian Madrasah Online berlangsung sukses dan lancar serta semua peserta ujian dapat meraih nilai yang memenuhi syarat untuk dinyatakan lulus dengan hasil yang membanggakan.*Mikyal




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment