Mengglobal dengan English

Diposting oleh : Mikyal Fatonah, S.pd Pada : 08 Okt 2021, 20:36:14 WITA Sudah dibaca : 257 Kali kesiswaan
Mengglobal dengan English

Gambar : Mariam Kiona, X Bahasa


Mengglobal dengan English

Oleh Mariam Kiona*)

Di era milenial seperti sekarang ini bahasa Inggris menjadi hal yang sangat penting untuk kita pelajari. Alasannya adalah hampir seluruh negara di dunia menggunakan bahasa inggris karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan menjadi bahasa penghubung antara satu negara dengan negara lainnya. Dilansir dari Wikipedia terdapat 61 negara di enam benua yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Belajar bahasa Inggris juga bisa menjadi alat bagi kita untuk memperkenalkan budaya bangsa Indonesia kepada mereka yang ingin mengetahui tentang budaya negara ini.Tentunya bahasa Inggris sangat diperlukan. kita pasti sering menemukan tulisan dalam bahasa Inggris entah itu di mall, hotel, di tempat wisata atau bagi para gamers tentu sering menemukan game yang menggunakan bahasa Inggris. Akan sangat menganggu kan jika ingin memainkan game berbahasa Inggris tapi kita sendiri tidak paham dengan bahasa itu. Jadi tidak heran jika bahasa Inggris memang penting untuk dipelajari di era milenial seperti sekarang ini.

Bisa berbahasa Inggris tidak hanya akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar negeri, bermain game atau hanya sekedar memahami tulisan yang berada di sekitar kita. Namun, fasih dalam bahasa Inggris punya banyak manfaat untuk diri kita Sendiri. Dibawah ini adalah beberapa manfaat bahasa Inggris yang bisa kamu dapatkan. Disimak ya penjelasannya.

1. Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang yang Lebih Tinggi 
Fasih bahasa Inggris merupakan syarat penting untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Apa lagi jika kamu memiliki impian untuk masuk ke universitas ternama seperti Harvard, Oxford, dan yale kamu harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.Hal ini karena saat menempuh pendidikan di luar negeri bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.Tentu kita juga akan bertemu dengan banyak teman baru, maka bahasa inggris adalah bahasa yang akan digunakan sebagai alat komunikasi sehari hari. 
 

2. Memudahkan Kita Saat Bepergian ke Luar Negeri              
Untuk kamu yang mempunyai hobi traveling ke luar negeri yang notabenenya terdapat banyak orang asing tentu tidak paham bahasa yang digunakan mereka bukan??  Liburan akan terasa seperti dibatasi karena terhalang dengan bahasa.Nah bahasa Inggris ini bisa menjadi penolong untuk kamu berkomunikasi dengan orang-orang disana. Dengan begitu liburanmu akan jauh lebih nyaman. Perlu diingat ya bisa menggunakan bahasa Inggris bukan menjadi syarat untuk bisa pergi ke luar negeri namun menjadi alat komunikasi yang memang sangat diperlukan.

3. Sumber Pekerjaan
Siapa sangka dengan fasih berbahasa Inggris bisa mendatangkan pekerjaan untuk kita. Memang tidak ada bahasa khusus yang digunaka dalam dunia kerja  namun, bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang sudah digunakan hampir semua perusahaan baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu kamu bisa mendapat pekerjaan seperti translator atau menjadi seorang pemandu wisata. Atau bagi kamu yang memang sangat fasih berbahasa Inggris kamu bisa menjadi seorang pengajar. Dengan membuka tempat lesmu sendiri atau menjadi seorang guru. Lumayan bukan? Dengan menguasai bahasa Inggris kita bisa dapat penghasilan.

4. Sarana Memperkenalkan Budaya Negeri
Untuk mereka yang memiliki jiwa nasionalis yang tinggi, fasih berbahasa Inggris menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Selain karena belajar bahasa Inggris memang sulit, fasih menggunakan bahasa ini bisa menjadi alat untuk memperkenalkan budaya-budaya bangsa  kepada dunia. Ada berbagai cara yang bisa digunakan, contohnya dengan membuat video yang berisi tentang bagaimana budaya yang ada di Indonesia, kamu bisa menjelaskan isi dari video itu menggunakan bahasa Inggris atau bisa juga dengan membuat terjemahan pada video tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang di mana bahasa ini banyak digunakan hampir semua orang di dunia juga dijadikan bahasa utama di puluhan bahkan ratusan negara. Kamu juga bisa bercerita kepada teman-teman diluar negeri mu tentang budaya Indonesia jika kamu bisa berbahasa Inggris. Nah gimana? Sangat keren bukan.

5. Menonton Film Berbahasa Inggris dengan Lebih Mudah
Walaupun sudah tersedia subtitle untuk film yang menggunakan bahasa Inggris atau bahasa lainnya, perhatian kita tentu akan terbagi antara membaca terjemahannya dan pada alur film itu sendiri. Kita juga sering menemukan subtitle yang tidak jelas yang justru membuat bingung dengan apa yang sedang dibicarakan oleh tokoh didalam film tersebut dan tentu hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat menonton. Maka dari itu belajar bahasa Inggris juga dapat memudahkan kamu menonton film karena kamu sudah mengerti bahasa yang digunakan pada film itu. Jadi tidak perlu susah susah lagi menonton sambil membaca subtitle.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Minder dan juga percaya diri dua sifat ini pasti dimiliki oleh semua orang. Ketika kita melihat orang lain yang punya bakat disuatu bidang, kita akan berpikir betapa kerennya dia lalu tanpa sadar kita jadi membandingkan antara diri kita dengan orang tersebut. Pernahkah kamu berpikir betapa kerennya jika kita bisa dengan lancar berbahasa Inggris?? Tentu keren jika mengingat tidak semua orang bisa menggunakan bahasa ini. Karena butuh ketekunan dan kesabaran agar bisa fasih menggunakan bahasa Inggris. Jika sudah lancar maka pasti tingkat percaya dirimu juga akan bertambah.

7. Mengasah Kemampuan Otak
Tahukah kamu jika belajar bahasa asing bisa membantu mengasa otak mu? Belajar bahasa asing pada usia dewasa  juga bisa membuat otak jadi lebih tajam. Bahkan, menurut hasil riset aktivitas elektrik bahwa kapasitas otak seseorang dapat meningkat dengan mempelajari bahasa asing. Mereka yang menguasai dua atau lebih bahasa asing memilik kemampuan yang lebih baik dalam membaca dan juga kecerdasan. 

    Nah itu adalah beberapa manfaat mempelajari bahasa Inggris. Ingat bahwa yang ada di artikel ini hanya beberapa diantaranya, diluar dari pada ini masi banyak lagi manfaat belajar bahasa Inggris yang bisa kamu dapatkan. Pada jaman sekarang yang sudah serba canggih seperti ini, kamu bisa dengan mudah menemukan media untuk belajar. Kamu bisa mulai dengan membaca buku, kamus, bahkan sudah banyak video di YouTube yang membahas tentang bagaimana cara memulai belajar bahasa Inggris. Kamu juga bisa mendownload aplikasi belajar mulai dari yang online dan offline, sampai yang gratis dan juga berbayar. Atau jika mau kamu juga bisa mengikuti les bahasa Inggris yang tentunya berbayar tapi kamu akan lebih mudah paham karena diajarkan langsung oleh guru yang memang sudah ahli.
    Jika bukan dari sekarang lalu kapan kamu akan mulai?? Jangan membuang buang waktumu yang  berharga untuk hal-hal yang sebenarnya tidak penting. Mulailah belajar dari sekarang untuk bekal di masa depan nanti. Memang tidak ada belajar yang gampang, pada awalnya pasti akan terasa sulit namun dengan niat dan tekat yang kuat juga disertai dengan doa maka kamu pasti akan bisa.
Saya generasi muda yang peduli literasi! 

Artikel ini ditulis sebagai bentuk serta EF Literacy Day Competition 2021: https://www.ef.co.id/writing-competition 

***

*) Mariam Kiona Siswa kelas X Bahasa di MAN Kota Kupang.
 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment