Menjadi Manusia Penting dan Berakhlak Mulia melalui KSM Tingkat Provinsi NTT

Diposting oleh : Mikyal Fatonah, S.pd Pada : 27 Sep 2021, 11:34:43 WITA Sudah dibaca : 129 Kali Humas
Menjadi Manusia Penting dan Berakhlak Mulia melalui KSM  Tingkat Provinsi NTT

Gambar : Kakanwil bersama peserta KSM MAN Kota Kupang


MAN Kota Kupang (Humas) – Plt. Kakanwil Kementerian Agama Provinsi NTT, Hasan Manuk, membuka secara resmi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi tahun 2021 pada Minggu (19-09-2021). Acara pembukaan KSM digelar di Gedung Keterampilan MAN Kota Kupang. Pada acara tersebut, Hasan Manuk didampingi oleh Kepala Bidang Pendidikan Islam,  Pua Monto Umbu Nay dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Yakobus Beda Kleden. Selain itu, hadir pula Kasi Pendis Kantor Kemenag Kota Kupang, Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Guru Pembimbing, dan siswa peserta KSM baik dari jenjang MA, MTs., maupun MI. Jumlah tamu undangan tetap dibatasi untuk mengurangi kerumunan dan kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pada sambutannya, Hasan Manuk menyampaikan bahwa KSM ini tidak dalam konteks sains murni, tetapi sains terintegrasi yang sudah dimulai sejak 3 tahun yang lalu. Maka, madrasah punya pilihan lain untuk menunjukkan diri tidak hanya memiliki kemampuan di bidang sains tetapi juga menunjukkan kekhasan dalam konteks integrasi sebagai lembaga pendidikan umum yang berciri Islam. Oleh karena itu, Hasan Manuk berharap kegiatan KSM menghasilkan tidak hanya siswa cerdas tetapi juga berakhlak mulia. 
“Ending madrasah ujungnya adalah menjadi manusia yang penting dan berakhlak mulia. Menjadi orang penting itu baik, tetapi jauh lebih penting menjadi orang baik. Menjadi orang baik wadahnya tepat di madrasah,” jelas Hasan Manuk.  

Selain itu, Hasan Manuk juga memberi semangat kepada seluruh kepala madrasah untuk mempertahankan nama besar madrasah agar seluruh madrasah di NTT tetap menjadi pilihan generasi Islam di masa depan. “NTT kecil dalam  kontes tertentu tetapi diusahakan besar dalam prestasi. Kecil dalam kuantitas tetapi harus besar dalam kualitas. Tidak ada sejarahnya matahari terbit di sebelah barat. Tunjukkan matahari terbit di sebelah timur!” Tegas Hasan Manuk memberi semangat pada para peserta KSM. 


Kompetisi dalam KSM ini nantinya akan terus menjadi evaluasi untuk menaikkan level kompetensi dan komposisi (tingkatan) madrasah. Sangat penting untuk mengetahui komparasi (perbandingan) antarmadrasah yang nantinya akan menjadi bahan komparasi (perenungan) sesama madrasah di NTT. Tujuan besar dibalik KSM adalah meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah. Menurut Muhamad Sadiq, Kasi KSKK selaku ketua panitia KSM Tingkat Provinsi NTT, perlu adanya pengembangan atau pembangunan kegiatan yang dapat mengakomodasi siswa dalam mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Melalui cara ini madrasah dapat semakin mengejar ketertinggalan dari sekolah umum bahkan sangat mungkin untuk mengunggulinya. *(Mikyal)

 

Catatan : 

Berita ini telah terbit pada laman https://ntt.kemenag.go.id/berita/516946/menjadi-manusia-penting-dan-berakhlak-mulia-melalui-ksm--tingkat-provinsi-ntt-




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment