Penyemprotan Disinfektan Sebagai Upaya Memutus Penyebaran Virus Corona di MAN Kota Kupang

Diposting oleh : Desi Setyani, S.Pd Pada : 06 Apr 2020, 21:03:34 WITA Sudah dibaca : 285 Kali Humas
Penyemprotan Disinfektan Sebagai Upaya Memutus Penyebaran Virus Corona di MAN Kota Kupang

Gambar : Penyemprotan di salah satu kelas


MAN Kota Kupang – Pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar di rumah atau yang lebih dikenal dengan ‘Home Schooling’ MAN Kota Kupang telah berjalan lebih dari satu minggu. Hal ini dimanfaatkan MAN Kota Kupang untuk melakukan upaya mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan di dalam kawasan MAN Kota Kupang Selasa, 31/03/2020.

Disinfektan adalah cairan pembersih yang umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, creosote, atau alkohol yang bertujuan untuk membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme berbahaya lainnya yang terdapat pada ruangan atau permukaan benda mati. Disinfektan biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan benda-benda yang paling sering disentuh orang banyak. Contohnya, gagang pintu, meja, kursi, keran wastafel, lemari, dan lain-lain. Disinfektan juga mengandung konsentrasi biosida yang tinggi. Maka dari itu, disinfektan lebih efektif dalam membunuh bakteri dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun, yang menjadi perantara paparan infeksi virus atau bakteri berbahaya bila dihirup atau disentuh manusia.

Erniwati Amir, selaku guru mata pelajaran Kimia MAN Kota Kupang yang membuat cairan disinfektan ini mengatakan bahwa bahan dasar pembuatan cairan tersebut ada tiga jenis, diantaranya cairan pemutih pakaian, pembersih wc, dan pembersih lantai atau pewangi. Adapun cara pembuatannya dengan mencampur ketiga bahan tadi dengan takaran satu gayung air bersih, dua sendok makan cairan pemutih pakaian dan pembersih wc, serta empat sendok makan pembersih lantai. Hal itu sesuai dengan arahan dari Dinas Kesehatan Kota Kupang, ungkapnya.

Menanggapi kegiatan tesebut Buniamin, Kepala MAN Kota Kupang mengatakan, “Pencegahan seperti ini harus dilakukan oleh semua lapisan masyarakat termasuk lembaga pendidikan, dan kita berharap dengan kegiatan ini bisa memutus atau mengurangi mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19 sehingga membuat warga MAN Kota Kupang merasa nyaman dan aman saat kembali ke sekolah nantinya.” *** Ricky

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment