Sosialisasi World Antimicrobial Awareness Week 2022

Oleh Humas MAN kpg 02 Des 2022, 10:05:49 WITA HUMAS dibaca 138 kali
Sosialisasi World Antimicrobial Awareness Week 2022

Keterangan Gambar : Siswa, guru MAN Kota Kupang dan para apoteker


MAN Kota Kupang (Humas) - Siswa MAN Kota Kupang mengikuti sosialisasi World Antimicrobial Awareness Week (WAAW) Tahun 2022 di aula MAN Kota Kupang pada Sabtu (19/11). Pekan Peduli Antimikroba Dunia ini diselenggarakan oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) yang ada di Kota Kupang. IAI di Kota Kupang melakukan sosialisasi kepada peserta didik dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan resistensi antimikroba. Selain itu, untuk memberi pemahaman kepada peserta didik dampak resistansi terhadap obat.


Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala MAN Kota Kupang, Hj. Umiyati M. Abdulmanan, M.Pd. Beliau menyempatkan diri mengikuti sosialisasi menemani pada peserta didik. Pada kegiatan tersebut delapan orang apoteker hadir melakukan sosialisasi, salah satunya Siti Zakiyah Baly, Wakil Ketua Pengurus Daerah IAI NTT bidang Humas dan Pengabdian Masyarakat. Sedangkan materi mengenai resistensi obat dan mikroba disampaikan oleh Manik, salah seorang apoteker.

Baca Lainnya :


Selama kegiatan berlangsung, terlihat antusiasme peserta didik dengan banyaknya pertanyaan seputar antibiotik dan solusi untuk kesehatan yang perlu diterapkan di masyarakat. Manik menjelaskan saat ini antibiotik tidak lagi diperjualbelikan secara bebas di apotek mengingat di masa pandemi obat-obatan dan antibiotik secara selektif diprioritaskan kepada orang yang membutuhkan. Menyimpan antibiotik untuk diri sendiri, apalagi sampai menimbun bukanlah sebuah tindakan yang bijaksana.


“Antibiotik didapatkan sesuai dengan resep dokter dan harus dihabiskan. Jika tidak dihabiskan sesuai resep dokter, maka bakteri penyebab penyakit menjadi kebal terhadap antibiotik dan infeksi di tubuh tidakbenar-benar sembuh,” papar Manik. 


Pada akhir kegiatan, para penanya diberi hadiah sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme yang ditunjukkan selama mengikuti sosialisasi. Antusiasme dan kepedulian peserta didik terhadap kesehatan memberikan harapan yang lebih baik terhadap kesehatan generasi muda Indonesia.


Catatan:

Berita ini pernah diunggah pada website kanwil pada Selasa, 22 November 2022 13:02 melalui link https://ntt.kemenag.go.id/berita/521815/sosialisasi-world-antimicrobial-awareness-week-2022




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment