MAN Kota Kupang Borong Juara MTQ Tingkat Kota

Oleh Humas MAN kpg 04 Jun 2022, 10:05:35 WITA HUMAS dibaca 59 kali
MAN Kota Kupang Borong Juara MTQ Tingkat Kota

Keterangan Gambar : Para Juara MTQ ke XXIX 2022 MAN Kota Kupang


MAN Kota Kupang (Humas). Peserta didik perwakilan MAN Kota Kupang berhasil memborong juara pada festival keagamaan Islam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIX Tingkat Kota Kupang pada Sabtu (28/05). Enam cabang lomba yang dimenangkan antara lain Juara 1 dan 3 Syarhil Quran (mengungkapkan isi kandungan Al Quran) Putra dan Putri, Juara 2 Fahmil Quran (cerdas cermat), Juara 1 Kaligrafi Dekorasi, dan Juara 1 Kaligrafi Hiasan Mushaf. MAN Kota Kupang diwakili oleh 13 orang peserta. Cabang lomba Syarhil Quran dan Fahmil Quran diwakili 4 tim. Masing-masing tim terdiri dari 3 orang peserta. Sementara cabang lomba kaligrafi diwakili oleh 1 peserta saja.


Para juara dibimbing oleh salah seorang guru MAN Kota Kupang, Hamzah S.Ag. Sebelum pelaksanaan lomba, Hamzah melakukan seleksi terhadap beberapa peserta didik. Melalui proses seleksi tersebut akhirnya didapatkan 13 orang peserta didik yang kemudian menjalani latihan untuk mendalami cabang lomba yang akan diikuti. Selain melatih secara langsung, Hamzah juga meminta peserta didik belajar melalui YouTube sebagai referensi.

Baca Lainnya :


“Saya suruh mereka (baca: peserta didik) coba lihat di YouTube sebagai referensi biar mereka tahu. Alhamdulillah karena mereka tidak gaptek, mereka lihat di YouTube jadi gampang diarahkan,” tutur Hamzah menjelaskan proses latihan tim Syarhil Quran.


Endang Kurniawati Syukur, salah seorang juara Syarhil Quran menceritakan kendala sebelum mengikuti lomba adalah menyamakan waktu latihan bersama tim. Endang harus menunggu sesi ujian semester berakhir untuk bisa melakukan latihan bersama tim. Sementara Zidan Salman Alfarisi Dolu, juara kaligrafi, selalu berlatih dengan memanfaatkan video referensi di internet. Bagi Zidan, seni kaligrafi bukan hal baru. Ia terbiasa berkutat dengan kaligrafi sejak masih di bangku MTs.


Menanggapi kemenangan para peserta didik pada MTQ XXIX, Kepala MAN Kota Kupang, Buniamin, S.Pd., M.Si. mengapresiasi kemenangan para peserta didik. Beliau menyampaikan akan memfasilitasi persiapan para juara untuk maju ke tingkat provinsi.(Mikyal)


Catatan: Berita ini pernah dimuat di laman Kanwil NTT pada Senin, 30 Mei 2022 12:20

https://ntt.kemenag.go.id/berita/519738/man-kota-kupang-borong-juara-mtq-tingkat-kota




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment