Pelantikan Pramuka Penegak Bantara dan Laksana Tahun 2023

Oleh Admin Web 11 Okt 2023, 12:11:13 WITA KESISWAAN dibaca 539 kali
Pelantikan Pramuka Penegak Bantara dan Laksana Tahun 2023

Gerakan Pramuka Gugus Depan MAN Kota Kupang melaksanakan rangkaian kegiatan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara dan Laksana. Untuk Calon Pramuka Penegak Bantara yaitu terdiri Peserta Didik Kelas XI yang memenuhi syarat dan Calon Penegak Laksana yaitu Peserta Didik Kelas XII yang memenuhi syarat.

Untuk mengembangkan sumberdaya manusia, terutama bagi kaum muda yang menjadi anggota Gerakan Pramuka, diterapkan beberapa metode kepramukaan antara lain sistem tanda kecakapan. Sistem Tanda Kecakapan Gerakan Pramuka, khususnya Pramuka Penegak meliputi :

  1. Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) untuk mencapai tanda kecakapan umum, terdapat 2 (dua) jenjang yaitu Bantara dan Laksana.
  2. Syarat-syarat Kecakapan Khusus (SKK) untuk mencapai tanda kecakapan khusus
  3. Selain kecakapan tersebut, Pramuka Penegak dapat memperoleh Tanda Pramuka Penegak Garuda sebagai penghargaan setelah memenuhi syarat-syarat Pramuka Penegak Garuda (SPG).

Pramuka Penegak dalam proses revitalisasi dewasa ini telah memiliki SKU yang disesuaikan dengan tuntutan dan kemajuan teknologi, informasi dan pembangunan masyarakatnya. Agar SKU Pramuka Penegak dapat dilaksanakan dalam proses tepat guna dan hasil guna, maka diperlukan panduan untuk menyelesaikan SKU nya.

Pencapaian Syarat Kecakapan Umum Penegak Bantara dan Laksana merupakan sebuah barometer atas keberhasilan proses pembinaan dan sebagai cikal bakal pemimpin Gerakan Pramuka khususnya di MAN Kota Kupang.

Baca Lainnya :

Pada kegiatan kali ini dimulai pada Kegiatan Pengisian SKU pada latihan Rutin mingguan, kemudian pada hari sabtu, 07 September 2023 dilaksanakan Kegiatan Pengembaraan tiap Sangga Peserta yang dimulai dari Komplek Masjid Al-Baitul Qadim Kelurahan Airmata dan Finish Di MAN Kota Kupang. Pada pengembaraan tersebut peserta diberi tugas untuk menyampaikan materi di setiap Sekolah yang dilewati, antara lain SDN Palsatu Kelurahan Manutapen, SMPN 6 Kupang dan SD Inpres Nunbaun Sabu. Setelah sampai di MAN Kota Kupang semua peserta lanjut membangun tenda dan berkemah di Sekolah, pada kegiatan perkemahan tersebut diisi dengan kegiatan-kegiatan dasa-dasar kepemimpinan, sholat tahajud dan renungan dan diakhiri dengan jurit malam.  Perkemahan ditutup pada hari Minggu, 08 September 2023.

Pada Rabu, 11 September 2023 merupakan puncak Rangkaian kegiatan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara dan Laksana yaitu dilaksanakan Upacara Pelantikan dan Pengukuhan kepada segenap Calon Penegak Bantara dan Laksana disaksikan oleh semua Anggota Yang hadir, yaitu Peserda Didik Kelas X, XI dan XII. (ruz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment